Pemasaran Media Sosial | Panduan untuk Pemula

Posted on
Pemasaran-Media-Sosial

Pemasaran media sosial adalah salah satu cara memasarkan produk melalui media sosial yang diminati di dunia profesional yang juga meliputi strategi pemasaran melalui media sosial.

Pemasaran lewat media sosial adalah proses membangun kesadaran tentang Anda, merek, produk, atau layanan Anda melalui berbagai platform media sosial.

Kedengarannya sangat sederhana, bukan?

Tapi itu tidak semudah kedengarannya. Pemasaran media sosial sangat sulit dan membutuhkan komitmen waktu yang konsisten untuk menguasai keterampilan itu.

Anda perlu menjelajahi platform yang berbeda, membuat strategi pemasaran melalui media sosial yang Anda rumuskan sendiri, perlu mencoba alat yang berbeda, dan juga tren sosial yang terus berubah membuat keterampilan ini jauh lebih menantang untuk dikuasai.

Tapi kesulitan bukan berarti tidak mungkin. Itu hanya masalah waktu. Waktu membangun pengalaman dan pengalaman membuat kita pandai dalam apa yang kita lakukan.

Pemasaran lewat media sosial adalah keterampilan yang sangat kreatif, semakin kreatif Anda, semakin besar peluang Anda untuk menguasai keterampilan ini sesegera mungkin.

Karena tujuan akhir dari pemasaran melalui media sosial atau pemasaran lainnya adalah untuk menarik perhatian (mendorong lalu lintas). Jadi, semakin kreatif Anda, semakin cemerlang Anda dalam pemasaran media sosial.

Tujuan artikel ini adalah untuk mengedukasi pemula tentang cara memasarkan produk melalui media sosial. Jadi, sekarang mari kita langsung simak penjelasannya:

Target Audensi

Cari Tahu Siapa Audiens Anda: Ini adalah hal pertama dan terpenting yang perlu Anda ketahui sebelum memulai karena ini membantu Anda memahami orang yang membuat konten untuk Anda.

Membuat asumsi buta tentang audiens Anda adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemula. Pahami demografi, minat, dan preferensi audiens Anda.

Anda harus tahu: Berapa umur mereka? Apakah produk atau layanan Anda untuk pria, wanita, atau keduanya, atau untuk anak-anak? Masalah apa yang dipecahkan produk atau layanan Anda untuk audiens Anda?

Semakin banyak pertanyaan yang dapat Anda jawab tentang audiens Anda, semakin baik Anda memahami audiens Anda.

Ingat, keberhasilan pemasaran lewat media sosial Anda tergantung pada seberapa banyak Anda tahu tentang audiens Anda.

Baca Juga :  Bunuh Diri Akibat Media Sosial

Anda mungkin menyukai: Pemasaran Digital: Siapa, Apa, Mengapa, dan Bagaimana? dan Memilih Media Sosial Untuk Bisnis sebagai Kampanye Pemasaran

Tentukan Tujuan Anda

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan Anda untuk pemasaran media sosial dan tidak peduli seberapa banyak Anda membaginya, tujuan akhir untuk pemasaran lewat media sosial akan selalu dipecah menjadi 4 kategori:

  • Kesadaran — Untuk menumbuhkan merek Anda
  • Keterlibatan — Untuk membuat audiens Anda terlibat dengan merek
  • Konversi — Untuk mengubah audiens Anda menjadi pelanggan
  • Konsumen — Untuk meningkatkan layanan pelanggan dan menargetkan ulang pelanggan yang sudah ada.

Ini adalah 4 tujuan akhir pemasaran lewat media sosial dan tujuannya. Jadi, apa pun tujuan Anda, itu akan selalu termasuk dalam setidaknya satu dari 4 kategori ini.

Cara terbaik untuk memperjelas tujuan Anda adalah dengan menggunakan strategi sasaran SMART. Ini adalah salah satu strategi pemasaran melalui media sosial yang paling banyak digunakan untuk menentukan tujuan.

Akronim S.M.A.R.T adalah singkatan dari:

Specific: Didefinisikan dengan baik, jelas, dan tidak ambigu

Measurable: Dengan kriteria khusus yang mengukur kemajuan Anda menuju pencapaian tujuan

Achievable: Dapat dicapai dan bukan tidak mungkin untuk dicapai

Realistic: Dalam jangkauan, realistis, dan relevan dengan tujuan Anda

Timely: Dengan waktu yang jelas, termasuk tanggal dimulai serta tanggal target penyelesaian. Tujuannya adalah untuk menciptakan urgensi.

Tentukan Metrik Anda

Metrik secara langsung selaras dengan tujuan Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan akhir Anda akan selalu dipecah menjadi 4 kategori, jadi sekarang mari kita menyelaraskan metrik dengan 4 tujuan akhir pemasaran media sosial tersebut.

  • Sasaran — Metrik
  • Kesadaran — Pengikut, Bagikan, Tampilan, dll
  • Keterlibatan — Suka, Komentar, DM, @sebutan,
  • Konversi — Klik Situs Web, Subrik, Penjualan, Pendaftaran Email, Pendaftaran SMS, dll
  • Konsumen — Testimonial, Ulasan, Balasan, Email, Sms, FAQ, dll

Pilih Platform yang Tepat

Strategi-Pemasaran-Melalui-Media-Sosial

Setelah Anda memahami audiens target dan sasaran Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk memutuskan platform mana yang harus Anda fokuskan.

Itu benar, Anda harus memilih platform media sosial Anda berdasarkan di mana kemungkinan besar Anda akan menemukan audiens target Anda.

Facebook: Facebook adalah platform hebat untuk membangun kesadaran dan menarik pelanggan baru. Facebook juga menyediakan alat periklanan yang kuat untuk kampanye iklan Anda. Dan, juga sebagian besar target audiens di Facebook adalah orang dewasa.

Instagram: Instagram sangat cocok untuk membangun kesadaran, menarik pelanggan baru, terlibat dengan pelanggan, dan menghasilkan prospek. Instagram digunakan oleh orang dewasa dan remaja. Jadi, jika Anda menargetkan audiens yang melibatkan salah satu dari mereka maka Instagram akan menjadi platform yang bagus untuk Anda.

Baca Juga :  Keterampilan Abad Ke-21 Untuk Siswa | Penting Diketahui

LinkedIn: LinkedIn adalah platform hebat untuk berjejaring, membangun kesadaran, dan menghasilkan prospek. Ini adalah tempat yang bagus untuk menemukan orang-orang dengan keterampilan dan juga bisnis untuk bermitra. Jika produk atau layanan Anda melibatkan pelanggan B2B, maka ini adalah tempat tujuan Anda.

Youtube: Youtube adalah platform luar biasa untuk membangun kesadaran dan mendidik orang tentang merek, produk, atau layanan Anda. Ini membantu Anda untuk menarik lebih banyak audiens dan pada saat yang sama, Anda juga dapat mengarahkan lalu lintas dari Youtube ke platform media sosial atau situs web Anda yang lain untuk menghasilkan arahan.

Jadi, dengan cara ini platform media sosial yang berbeda memiliki jenis audiens target yang berbeda dan tujuan yang berbeda untuk dipenuhi. Jika audiens target Anda adalah remaja dan jika tujuan Anda adalah kesadaran, maka Instagram, Tiktok, dan Snapchat adalah platform yang sempurna untuk Anda.

Jika Anda memilih platform media sosial berdasarkan audiens target dan tujuan akhir Anda, maka strategi pemasaran melalui media sosial Anda akan jauh lebih efektif dan kuat.

Berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat mengubah seluruh nilai dari apa yang Anda lakukan.

Jadikan Otentik

Setelah memilih platform yang tepat untuk memposting konten Anda, langkah selanjutnya adalah membuat profil Anda seotentik mungkin. Pastikan Anda mencerminkan keunikan Anda sendiri melalui konten Anda. Seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini, Anda harus sekreatif mungkin.

Munculkan bio yang luar biasa, cobalah berbagai tema, gaya, dan presentasi konten Anda sampai Anda menemukan beberapa pola yang sesuai dengan merek Anda dan mencerminkan keunikan Anda di profil Anda.

Lakukan sentuhan kreatif Anda sendiri untuk menata konten Anda di media sosial. Ada banyak alat yang dapat membantu Anda melakukan pemasaran media sosial dengan sentuhan kreatif. Ambil salah satu yang menurut Anda berguna dan buat segalanya menjadi mudah bagi Anda.

Buat Jadwal Posting

Anda tidak perlu memposting banyak konten dalam satu hari. Itu terlalu banyak pekerjaan dan kurang efektif juga. Tetapi lebih baik buat jadwal posting dan berkomitmenlah pada jadwal itu. Ini adalah proses yang jauh lebih efektif karena waktu yang Anda miliki untuk berpikir kreatif.

Baca Juga :  Kegunaan SEO dan Cara Kerja

Fokus Pada Keterlibatan

Semakin relevan dan kreatif konten Anda, semakin banyak keterlibatan yang Anda dapatkan untuk platform media sosial Anda. Konten yang Anda buat harus memberikan nilai kepada audiens Anda dan kunci untuk memberikan nilai melalui konten Anda adalah mendidik atau menghibur.

Mendidik dan menghibur adalah satu-satunya 2 sumber kuat yang berpotensi mendorong keterlibatan organik ke merek Anda.

Evaluasi dan Perbarui

Langkah terakhir pemasaran melalui media sosial adalah menganalisis seberapa efektif strategi Anda bekerja dengan mengukur hasilnya (lalu lintas, keterlibatan, konversi, prospek).

Sesekali (2–3 minggu) periksa bagian mana dari konten Anda yang berkinerja lebih baik. Ini membantu Anda menyadari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Jadi, Anda dapat membuat penyesuaian yang diperlukan untuk strategi Anda berdasarkan analisis Anda.

Anda perlu mengevaluasi strategi Anda sendiri sesering mungkin. Ini membantu Anda membuat penyesuaian yang diperlukan dan menjaga strategi pemasaran media sosial Anda diperbarui.

Pembaruan konstan ini akan membantu strategi Anda bekerja secara efektif.

Akhir Kata

Jika Anda seorang pemula, cara memasarkan produk melalui media sosial mungkin tampak sangat rumit, tetapi jangan biarkan terlalu banyak informasi membuat Anda merasa kewalahan.

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel, ini hanya masalah waktu. Tingkat komitmen Anda menentukan kemungkinan Anda untuk menguasai seni pemasaran lewat media sosial.

Jadi, tetaplah berkomitmen pada proses pembelajaran dan teruslah membuat kemajuan. Pemasaran melalui media sosial adalah keterampilan kreatif, jadi sama seperti keterampilan kreatif lainnya, bahkan cara memasarkan produk melalui media sosial memerlukan latihan.

Anda perlu membuat serangkaian kesalahan Anda sendiri untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Kebijaksanaan semacam itu hanya dapat diperoleh melalui pengalaman dan pengalaman itu pada akhirnya meningkatkan keterampilan kreativitas Anda dan membuat Anda mahir dalam cara memasarkan produk melalui media sosial.

Demikian penjelasan tentang, Pemasaran Media Sosial untuk Pemula, semoga ada manfaatnya.