Pemasaran Digital: Siapa, Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

Posted on
Pemasaran-Digital

Pemasaran Digital – Dengan keadaan yang mudah akses internet saat ini, apakah Anda percaya bila saya katakan, bahwa jumlah orang yang menelusuri web setiap hari terus meningkat?

Sebenarnya, penggunaan internet “terus-menerus” di kalangan orang dewasa meningkat 5% hanya dalam 3 tahun terakhir, menurut Pew Research.

Kita sering mendengar, bahwa cara orang berbelanja dan membeli benar-benar telah berubah. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang berarti pemasaran offline tidak seefektif dulu.

Pemasaran terus-menerus tentang berhubungan dengan target pasar Anda, di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. Hari ini, berarti Anda harus memuaskan mereka di tempat mereka saat ini berkumpul, yaitu di internet (web).

Pemasaran digital dapat dikatakan, segala bentuk pemasaran yang ada secara online.

Daftar Isi

Apa itu pemasaran digital?

Pemasaran digital mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet.

Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Mengapa pemasaran digital itu penting?

Pemasaran digital membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang Anda bisa melalui metode tradisional, dan menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda.

Selain itu, sering kali lebih hemat biaya daripada iklan tradisional, dan memungkinkan Anda mengukur kesuksesan setiap hari dan melakukan pivot sesuai keinginan Anda.

Ada beberapa manfaat utama pemasaran digital. Yuk! ikuti penjelasannya di bawah ini.

Pertama: Menarget prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan

Jika Anda memasang iklan di TV, majalah, atau papan reklame, Anda memiliki kendali terbatas atas siapa yang melihat iklan tersebut.

Tentu saja, Anda dapat mengukur demografi tertentu — termasuk pembaca khas majalah, atau demografi lingkungan tertentu — tetapi sebagian besar masih merupakan bidikan dalam kegelapan.

Pemasaran digital, di sisi lain, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan menargetkan audiens yang sangat spesifik, dan mengirim pesan pemasaran yang dipersonalisasi dan berkonversi tinggi kepada audiens tersebut.

Misalnya, Anda dapat memanfaatkan fitur penargetan media sosial untuk menampilkan iklan media sosial kepada audiens tertentu berdasarkan variabel seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, jaringan, atau perilaku.

Atau, Anda dapat menggunakan strategi PPC atau SEO untuk menayangkan iklan kepada pengguna yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda, atau yang telah menelusuri kata kunci spesifik yang terkait dengan industri Anda.

Pada akhirnya, pemasaran digital memungkinkan Anda melakukan penelitian yang diperlukan untuk mengidentifikasi orang dari pembeli dan memungkinkan Anda untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda dari waktu ke waktu.

Untuk memastikan Anda mencapai prospek yang kemungkinan besar membeli produk atau layanan Anda. Yang terbaik dari semuanya, pemasaran digital membantu Anda memasarkan subkelompok di audiens target Anda yang lebih besar. Jika Anda menjual banyak produk atau layanan ke karakter pembeli yang berbeda, ini sangat berguna.

Kedua: Menghemat biaya daripada metode pemasaran tradisional.

Pemasaran digital memungkinkan Anda melacak kampanye setiap hari dan mengurangi jumlah uang yang Anda belanjakan untuk saluran tertentu jika tidak menunjukkan ROI yang tinggi.

Hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk bentuk periklanan tradisional. Tidak masalah bagaimana kinerja papan reklame Anda — biayanya tetap sama, terlepas dari apakah itu dikonversi untuk Anda atau tidak.

Dengan pemasaran digital, Anda memiliki kendali penuh atas di mana Anda memilih untuk membelanjakan uang Anda. Mungkin membayar untuk kampanye PPC, memilih perangkat lunak desain untuk membuat konten Instagram dengan konversi tinggi.

Strategi pemasaran digital memungkinkan Anda untuk terus-menerus, memastikan Anda tidak pernah membuang-buang uang untuk saluran yang tidak berkinerja baik.

Pada umumnya, pemasaran digital adalah solusi yang lebih hemat biaya, dan memberi Anda peluang unik untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal.

Misalnya, jika Anda bekerja untuk bisnis kecil dengan anggaran terbatas, Anda dapat mencoba berinvestasi di media sosial, blogging, atau SEO – tiga strategi yang dapat memberi Anda ROI tinggi bahkan dengan pengeluaran minimal.

Ketiga: Pemasaran digital dapat mengungguli pemain besar

Jika Anda bekerja untuk bisnis kecil, kemungkinan besar sulit bagi Anda untuk bersaing dengan merek besar di industri Anda, yang banyak di antaranya memiliki miliaran rupiah untuk diinvestasikan dalam iklan televisi atau kampanye nasional.

Untungnya, ada banyak peluang untuk mengungguli pemain besar melalui inisiatif pemasaran digital strategis.

Misalnya, Anda dapat mengidentifikasi kata kunci ekor panjang tertentu yang terkait dengan produk atau layanan Anda, dan membuat konten berkualitas tinggi untuk membantu Anda menentukan peringkat di mesin telusur untuk kata kunci tersebut.

Mesin pencari tidak peduli merek mana yang terbesar — ​​sebagai gantinya, mesin pencari akan memprioritaskan konten yang paling sesuai dengan target audiens.

Selain itu, media sosial memungkinkan Anda menjangkau audiens baru melalui pemasaran influencer. Banyak pengguna media sosial mengikuti influencer untuk melihat produk atau layanan yang mereka sukai yang dipamerkan oleh influencer — jika Anda bekerja untuk perusahaan berukuran kecil hingga menengah, ini bisa menjadi jalan yang baik untuk dipertimbangkan.

Keempat: Pemasaran digital terukur.

Pemasaran digital dapat memberi Anda tampilan awal hingga akhir, yang komprehensif dari semua metrik yang mungkin penting bagi perusahaan Anda — termasuk tayangan, pembagian, tampilan, klik, dan waktu di halaman.

Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari pemasaran digital. Sementara iklan tradisional dapat berguna untuk tujuan tertentu, batasan terbesarnya adalah keterukuran.

Tidak seperti kebanyakan upaya pemasaran offline, pemasaran digital memungkinkan pemasar untuk melihat hasil yang akurat secara real time.

Jika Anda pernah memasang iklan di surat kabar, Anda akan tahu betapa sulitnya memperkirakan berapa banyak orang yang benar-benar membuka halaman itu dan memperhatikan iklan Anda.

Tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah iklan tersebut bertanggung jawab atas penjualan apa pun. Di sisi lain, dengan pemasaran digital, Anda dapat mengukur ROI hampir semua aspek dari upaya pemasaran Anda.

Berikut beberapa contoh pengukurannya:

Lalu Lintas Situs Web

Dengan pemasaran digital, Anda dapat melihat jumlah pasti orang yang telah melihat beranda situs web Anda secara real time dengan menggunakan perangkat lunak analitik digital secara gratis di Google Analytics.

Anda juga dapat melihat berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, perangkat apa yang mereka gunakan, dan dari mana mereka berasal, di antara data analitik digital lainnya.

Kecerdasan ini akan membantu Anda mengutamakan aliran marketing yang mana habiskan semakin banyak atau semakin sedikit waktu, berdasar banyaknya orang yang ditujukan aliran itu ke website Anda.

Misalnya, jika hanya 10% lalu lintas Anda yang berasal dari penelusuran organik, Anda tahu bahwa Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk SEO untuk meningkatkan persentase itu.

Dengan pemasaran offline, sangat sulit untuk mengetahui bagaimana orang berinteraksi dengan merek Anda sebelum mereka berinteraksi dengan tenaga penjualan atau melakukan pembelian.

Dengan pemasaran digital, Anda dapat mengidentifikasi tren dan pola perilaku orang sebelum mereka mencapai tahap akhir dalam perjalanan pembeli mereka, artinya Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang cara menarik mereka ke situs web Anda tepat di bagian atas saluran pemasaran.

Performa Konten dan Generasi Prospek

Bayangkan Anda telah membuat brosur produk dan mempostingnya melalui kotak surat orang — brosur itu adalah bentuk konten, meskipun offline.

Masalahnya adalah Anda tidak tahu berapa banyak orang yang membuka brosur Anda atau berapa banyak orang yang langsung membuangnya ke tempat sampah.

Sekarang bayangkan Anda memiliki brosur itu di situs web Anda. Anda dapat mengukur dengan tepat berapa banyak orang yang melihat halaman tempat halaman itu dihosting, dan Anda dapat mengumpulkan detail kontak orang-orang yang mengunduhnya dengan menggunakan formulir.

Anda tidak hanya dapat mengukur berapa banyak orang yang terlibat dengan konten Anda, tetapi Anda juga menghasilkan prospek yang berkualitas saat orang mengunduhnya.

Pemodelan Atribusi

Strategi pemasaran digital yang efektif dikombinasikan dengan alat dan teknologi yang tepat memungkinkan Anda melacak semua penjualan Anda kembali ke titik kontak digital pertama pelanggan dengan bisnis Anda.

Kami menyebutnya model atribusi, dan ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren dalam cara orang meneliti dan membeli produk Anda, membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat tentang bagian mana dari strategi pemasaran Anda yang perlu mendapat perhatian lebih, dan bagian mana dari siklus penjualan Anda yang perlu disempurnakan .

Baca Juga :  Keterampilan Abad Ke-21 Untuk Siswa | Penting Diketahui

Menghubungkan titik-titik antara pemasaran dan penjualan sangat penting — menurut Aberdeen Group, perusahaan dengan penjualan dan keselarasan pemasaran yang kuat mencapai tingkat pertumbuhan tahunan 20%, dibandingkan dengan penurunan pendapatan sebesar 4% untuk perusahaan dengan keselarasan yang buruk.

Bila Anda bisa tingkatkan perjalanan konsumen setia Anda lewat transisi pembelian dengan memakai tehnologi digital, kemungkinan besar hal itu akan berdampak positif pada keuntungan bisnis Anda.

Apa peran pemasaran digital bagi sebuah perusahaan?

Sementara pemasaran tradisional mungkin ada dalam iklan cetak, komunikasi telepon, atau pemasaran fisik, pemasaran digital dapat terjadi secara elektronik dan online.

Artinya, ada lebih banyak kemungkinan bagi merek untuk menjangkau pelanggan, termasuk email, video, media sosial, dan mesin pencari.

Pada tahap ini, pemasaran digital sangat penting untuk bisnis dan kesadaran merek Anda. Sepertinya setiap merek lain memiliki situs web. Dan jika tidak, mereka setidaknya memiliki kehadiran media sosial atau strategi iklan digital.

Konten dan pemasaran digital sangat umum sehingga konsumen sekarang mengharapkan dan mengandalkannya sebagai cara untuk belajar tentang merek.

Singkat cerita, untuk menjadi kompetitif sebagai pemilik bisnis, Anda harus merangkul beberapa aspek pemasaran digital.

Karena pemasaran digital mempunyai banyak strategi dan pilihan yang terkait dengannya, Anda bisa kreatif dan bereksperimen dengan beberapa taktik pemasaran dengan anggaran terbatas.

Dengan pemasaran digital, Anda juga dapat menggunakan alat-alat seperti Google Analytic untuk memantau kesuksesan kampanye dan ROI Anda daripada yang Anda dapat dengan konten promosi tradisional, seperti papan iklan atau iklan cetak

Bagaimana bisnis mendefinisikan pemasaran digital?

Pemasaran digital didefinisikan oleh penggunaan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka: online.

Dari situs web itu sendiri hingga aset branding online bisnis — periklanan digital, pemasaran email, brosur online, dan lainnya — ada spektrum taktik yang berada di bawah payung “pemasaran digital.”

Pemasar digital terbaik memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana setiap kampanye pemasaran digital mendukung tujuan menyeluruh mereka.

Dan tergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, pemasar dapat mendukung kampanye yang lebih besar melalui saluran gratis dan berbayar yang mereka miliki.

Seorang pemasar konten, misalkan, bisa membuat posting blog yang berperan untuk menghasilkan prospek dari e-book baru yang dibikin oleh usaha baru ini.

Pemasar sosial media perusahaan selanjutnya bisa menolong mempromokan posting blog ini lewat posting berbayar dan organik di akun sosial media bisnis.

Kemungkinan pemasar e-mail membuat kampanye lewat e-mail untuk mengirim mereka informasi selanjutnya mengenai perusahaan pada saat mengunduh e-book. 

Jenis Pemasaran Digital

  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Content Marketing
  3. Social Media Marketing
  4. Pay Per Click (PPC)
  5. Affiliate Marketing
  6. Native Advertising
  7. Marketing Automation
  8. Email Marketing
  9. Online PR
  10. Inbound Marketing
  11. Sponsored Content

Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa taktik pemasaran digital paling umum dan saluran yang terlibat di masing-masing taktik.

Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Ini adalah proses untuk mengoptimalkan website agar “berperingkat” di halaman lebih tinggi dari hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah lalu lintas organik (atau gratis) yang diterima situs web Anda.

Saluran yang mendapat manfaat dari SEO termasuk situs web, blog, dan infografis.

Ada beberapa cara untuk mendekati SEO untuk menghasilkan lalu lintas yang berkualitas ke situs web Anda. Ini termasuk:

On page SEO: Jenis SEO ini berfokus pada semua konten yang ada “di halaman” ketika melihat sebuah situs web. Dengan meneliti kata kunci untuk volume dan maksud (atau makna) pencarian mereka, Anda dapat menjawab pertanyaan untuk pembaca dan peringkat di halaman lebih tinggi dari hasil mesin pencari (SERP) yang dihasilkan oleh pertanyaan tersebut.

SEO Off Page: Jenis SEO ini berfokus pada semua aktivitas yang terjadi “di luar halaman” saat ingin mengoptimalkan situs web Anda. “Aktivitas apa yang tidak ada di situs web saya yang dapat memengaruhi peringkat saya?” Anda mungkin bertanya. Jawabannya adalah inbound link, juga dikenal sebagai backlink.

Jumlah penerbit yang menautkan ke Anda, dan “otoritas” relatif dari penerbit tersebut, memengaruhi seberapa tinggi peringkat Anda untuk kata kunci yang penting bagi Anda.

Dengan berjejaring dengan penerbit lain, menulis posting tamu di situs web ini (dan menautkan kembali ke situs web Anda), dan menghasilkan perhatian eksternal, Anda bisa mendapatkan tautan balik yang Anda butuhkan untuk memindahkan situs web Anda ke semua SERP yang tepat.

SEO Teknis: Jenis SEO ini berfokus pada backend situs web Anda, dan bagaimana halaman Anda dikodekan. Kompresi gambar, data terstruktur, dan pengoptimalan file CSS adalah semua bentuk SEO teknis yang dapat meningkatkan kecepatan pemuatan situs web Anda — faktor peringkat penting di mata mesin telusur seperti Google.

Untuk lebih jelas mengenai Pengoptimalan Mesis Pencari (SEO), Anda dapat membacanya di artike Belajar SEO Terbaru

Pemasaran Konten

Istilah ini menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan kesadaran merek, pertumbuhan lalu lintas, perolehan prospek, dan pelanggan. Saluran yang dapat berperan dalam strategi pemasaran konten Anda meliputi:

Posting blog: Menulis dan menerbitkan artikel di blog perusahaan membantu Anda menunjukkan keahlian industri Anda dan menghasilkan lalu lintas pencarian organik untuk bisnis Anda.

Dan pada akhirnya memberi Anda lebih banyak peluang untuk mengubah pengunjung situs web menjadi prospek bagi tim penjualan Anda.

Ebook dan whitepaper: Ebook, whitepaper, dan konten bentuk panjang serupa membantu mengedukasi pengunjung situs web lebih lanjut. Ini juga memungkinkan Anda untuk bertukar konten dengan informasi kontak pembaca, menghasilkan prospek untuk perusahaan Anda dan menggerakkan orang melalui perjalanan pembeli.

Infografis: Terkadang, pembaca ingin Anda menunjukkan, bukan memberi tahu. Infografis adalah bentuk konten visual yang membantu pengunjung situs web memvisualisasikan konsep yang ingin Anda bantu mereka pelajari.

Pemasaran Media Sosial

Praktik ini mempromosikan merek dan konten Anda di saluran media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Saluran yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi:

  • Facebook.
  • Twitter.
  • LinkedIn.
  • Instagram.
  • Snapchat.
  • Pinterest.

Bayar Per Klik (PPC)

PPC adalah metode mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan membayar penerbit setiap kali iklan Anda diklik.

Salah satu jenis PPC yang paling umum adalah Google Ads, yang memungkinkan Anda membayar slot teratas di halaman hasil mesin pencari Google dengan harga “per klik” dari tautan yang Anda tempatkan.

Saluran lain di mana Anda dapat menggunakan PPC meliputi:

Iklan berbayar di Facebook: Di sini, pengguna dapat membayar untuk menyesuaikan video, posting gambar, atau tayangan slide, yang akan dipublikasikan Facebook ke umpan berita orang-orang yang cocok dengan audiens bisnis Anda.

Kampanye Iklan Twitter: Di sini, pengguna dapat membayar untuk menempatkan serangkaian posting atau lencana profil ke umpan berita audiens tertentu, semuanya didedikasikan untuk mencapai tujuan tertentu untuk bisnis Anda. Sasaran ini dapat berupa lalu lintas situs web, lebih banyak pengikut Twitter, keterlibatan tweet, atau bahkan unduhan aplikasi.

Pesan Bersponsor di LinkedIn: Di sini, pengguna dapat membayar untuk mengirim pesan secara langsung kepada pengguna LinkedIn tertentu berdasarkan latar belakang dan industri mereka.

Pemasaran Afiliasi

Ini adalah jenis iklan berbasis kinerja di mana Anda menerima komisi untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain di situs web Anda. Saluran pemasaran afiliasi meliputi:

  • Hosting iklan video melalui Program Mitra YouTube.
  • Memposting tautan afiliasi dari akun media sosial Anda.

Iklan Asli

Iklan asli mengacu pada iklan yang terutama dipimpin oleh konten dan ditampilkan pada platform bersama konten lain yang tidak berbayar. Postingan yang disponsori BuzzFeed adalah contoh yang baik, tetapi banyak orang juga menganggap iklan media sosial sebagai “asli” — iklan Facebook dan iklan Instagram, misalnya.

Otomasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran mengacu pada perangkat lunak yang berfungsi untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Banyak departemen pemasaran dapat mengotomatiskan tugas berulang yang seharusnya mereka lakukan secara manual, seperti:

Email newsletters: Otomatisasi email tidak hanya memungkinkan Anda mengirim email secara otomatis ke pelanggan Anda.

Ini juga dapat membantu Anda mengecilkan dan memperluas daftar kontak sesuai kebutuhan sehingga buletin Anda hanya ditujukan kepada orang-orang yang ingin melihatnya di kotak masuk mereka.

Penjadwalan posting media sosial: Jika Anda ingin menumbuhkan kehadiran organisasi Anda di jejaring sosial, Anda harus sering memposting. Ini membuat pengeposan manual menjadi proses yang sulit diatur.

Alat penjadwalan media sosial mendorong konten Anda ke saluran media sosial untuk Anda, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk berfokus pada strategi konten.

Alur kerja yang memelihara prospek: Menghasilkan prospek, dan mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan, dapat menjadi proses yang panjang.

Anda dapat mengotomatiskan proses tersebut dengan mengirimkan email dan konten khusus prospek setelah memenuhi kriteria tertentu, seperti saat mereka mengunduh dan membuka eBook.

Pelacakan dan pelaporan kampanye: Kampanye pemasaran dapat mencakup banyak orang, email, konten, halaman web, panggilan telepon, dan lainnya.

Otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda menyortir semua yang Anda kerjakan menurut kampanye yang ditayangkannya, lalu melacak kinerja kampanye tersebut berdasarkan kemajuan yang dicapai semua komponen ini dari waktu ke waktu.

Pemasaran Email (Email Marketing)

Perusahaan menggunakan pemasaran email sebagai cara berkomunikasi dengan audiens mereka. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, diskon, dan acara, serta mengarahkan orang ke situs web bisnis.

Jenis email yang mungkin Anda kirim dalam kampanye pemasaran email meliputi:

  • Buletin langganan blog.
  • Email tindak lanjut kepada pengunjung situs web yang mengunduh sesuatu.
  • Email selamat datang pelanggan.
  • Promosi liburan untuk anggota program loyalitas.
  • Kiat atau email seri serupa untuk memelihara pelanggan.
Baca Juga :  Program Sekolah Penggerak 2021

PR Online

PR Online adalah praktik mengamankan liputan online yang diperoleh dengan publikasi digital, blog, dan situs web berbasis konten lainnya. Ini seperti PR tradisional, tetapi di ruang online.

Saluran yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan upaya PR Anda meliputi:

Jangkauan reporter melalui media sosial: Berbicara dengan jurnalis di Twitter, misalnya, adalah cara yang bagus untuk mengembangkan hubungan dengan pers yang menghasilkan peluang media yang diperoleh perusahaan Anda.

Melibatkan ulasan online tentang perusahaan Anda: Ketika seseorang mengulas perusahaan Anda secara online, apakah ulasan itu baik atau buruk, insting Anda mungkin tidak akan menyentuhnya. Sebaliknya, ulasan perusahaan yang menarik membantu Anda memanusiakan merek Anda dan menyampaikan pesan yang kuat yang melindungi reputasi Anda.

Komentar yang menarik di situs web atau blog pribadi Anda: Mirip dengan cara Anda menanggapi ulasan tentang perusahaan Anda, menanggapi orang-orang yang membaca konten Anda adalah cara terbaik untuk menghasilkan percakapan yang produktif seputar industri Anda.

Pemasaran Masuk

Pemasaran masuk mengacu pada metodologi pemasaran di mana Anda menarik, melibatkan, dan menyenangkan pelanggan di setiap tahap perjalanan pembeli.

Anda dapat menggunakan setiap taktik pemasaran digital yang tercantum di atas, di seluruh strategi pemasaran masuk, untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang sesuai dengan pelanggan, bukan melawan mereka.

Berikut adalah beberapa contoh klasik dari inbound marketing versus pemasaran tradisional:

  • Blogging vs. iklan pop-up
  • Pemasaran video vs. iklan komersial
  • Daftar kontak email vs. email spam

Konten Bersponsor

Dengan konten bersponsor, Anda sebagai merek membayar perusahaan atau entitas lain untuk membuat dan mempromosikan konten yang membahas merek atau layanan Anda dengan cara tertentu.

Salah satu jenis konten bersponsor yang populer adalah pemasaran influencer. Dengan jenis konten bersponsor ini, sebuah merek mensponsori seorang influencer di industrinya untuk mempublikasikan postingan atau video terkait perusahaan di media sosial.

Jenis konten bersponsor lainnya dapat berupa posting blog atau artikel yang ditulis untuk menyoroti topik, layanan, atau merek.

Apa yang dilakukan pemasar digital?

Pemasar digital bertanggung jawab untuk mendorong kesadaran merek dan generasi pemimpin melalui semua saluran digital — baik gratis maupun berbayar — yang tersedia bagi perusahaan.

Saluran ini termasuk media sosial, situs web perusahaan sendiri, peringkat mesin pencari, email, iklan bergambar, dan blog perusahaan.

Pemasar digital biasanya berfokus pada key performance indicator (KPI) yang berbeda untuk setiap saluran sehingga mereka dapat mengukur kinerja perusahaan dengan benar di setiap saluran.

Seorang pemasar digital yang bertanggung jawab atas SEO, misalnya, mengukur “lalu lintas organik” situs web mereka — lalu lintas yang berasal dari pengunjung situs web yang menemukan halaman situs web bisnis melalui pencarian Google.

Pemasaran digital dilakukan di banyak peran pemasaran saat ini. Di perusahaan kecil, seorang generalis mungkin memiliki banyak taktik pemasaran digital yang dijelaskan di atas pada saat yang bersamaan.

Di perusahaan yang lebih besar, taktik ini memiliki banyak spesialis yang masing-masing fokus hanya pada satu atau dua saluran digital merek.

Berikut adalah beberapa contoh spesialis ini:

SEO Manager

KPI Utama: Lalu lintas organik

Singkatnya, manajer SEO membuat bisnis mendapat peringkat di Google.

Menggunakan berbagai pendekatan untuk pengoptimalan mesin telusur, orang ini mungkin bekerja secara langsung dengan pembuat konten untuk memastikan konten yang mereka hasilkan berkinerja baik di Google — bahkan jika perusahaan juga memposting konten ini di media sosial.

Content Marketing Specialist

KPI Utama: Waktu di halaman, lalu lintas blog secara keseluruhan, pelanggan saluran YouTube

Spesialis pemasaran konten adalah pembuat konten digital. Mereka sering melacak kalender blogging perusahaan, dan menghasilkan strategi konten yang mencakup video juga.

Para profesional ini sering bekerja dengan orang-orang di departemen lain untuk memastikan produk dan kampanye yang diluncurkan bisnis didukung dengan konten promosi di setiap saluran digital.

Social Media Manager

KPI Utama: Follows, Impressions, Shares

Peran manajer media sosial mudah disimpulkan dari judulnya, tetapi jejaring sosial mana yang mereka kelola untuk perusahaan bergantung pada industrinya.

Di atas segalanya, manajer media sosial menetapkan jadwal posting untuk konten tertulis dan visual perusahaan. Karyawan ini mungkin juga bekerja dengan spesialis pemasaran konten untuk mengembangkan strategi konten mana yang akan diposting di jejaring sosial mana.

(Catatan: Berdasarkan KPI di atas, “tayangan” mengacu pada berapa kali posting bisnis muncul di umpan berita pengguna.)

Marketing Automation Coordinator

KPI Utama: Rasio buka email, rasio klik-tayang kampanye, rasio perolehan prospek (konversi)

Koordinator otomatisasi pemasaran membantu memilih dan mengelola perangkat lunak yang memungkinkan seluruh tim pemasaran untuk memahami perilaku pelanggan mereka dan mengukur pertumbuhan bisnis mereka.

Karena banyak dari operasi pemasaran yang dijelaskan di atas mungkin dijalankan secara terpisah satu sama lain, penting bagi seseorang yang dapat mengelompokkan aktivitas digital ini ke dalam kampanye individual dan melacak kinerja setiap kampanye.

Pemasaran Inbound vs. Pemasaran Digital: Yang Mana?

Di permukaan, keduanya tampak serupa: Keduanya terjadi terutama secara online, dan keduanya fokus pada pembuatan konten digital untuk dikonsumsi orang. Jadi apa bedanya?

Istilah “pemasaran digital” tidak membedakan antara taktik pemasaran dorong dan tarik (atau yang sekarang kita sebut sebagai metode ‘masuk’ dan ‘keluar’). Keduanya masih bisa berada di bawah payung pemasaran digital.

Taktik outbound digital bertujuan untuk menempatkan pesan pemasaran langsung di depan sebanyak mungkin orang di ruang online — terlepas dari apakah itu relevan atau disambut baik.

Misalnya, iklan spanduk mencolok yang Anda lihat di bagian atas banyak situs web mencoba mendorong produk atau promosi ke orang-orang yang belum tentu siap menerimanya.

Di sisi lain, pemasar yang menggunakan taktik masuk digital menggunakan konten online untuk menarik pelanggan target mereka ke situs web mereka dengan menyediakan aset yang bermanfaat bagi mereka.

Salah satu aset pemasaran digital masuk yang paling sederhana namun paling kuat adalah blog, yang memungkinkan situs web Anda memanfaatkan istilah yang dicari pelanggan ideal Anda.

Pada akhirnya, pemasaran masuk adalah metodologi yang menggunakan aset pemasaran digital untuk menarik, melibatkan, dan menyenangkan pelanggan secara online.

Pemasaran digital, di sisi lain, hanyalah istilah umum untuk menggambarkan taktik pemasaran online dalam bentuk apa pun, terlepas dari apakah itu dianggap inbound or outbound.

Apakah pemasaran digital bekerja untuk semua bisnis?

Pemasaran digital dapat bekerja untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang dijual perusahaan Anda, pemasaran digital masih melibatkan persona pembeli untuk membangun dan mengidentifikasi kebutuhan audiens Anda, dan membuat konten online yang berharga.

Namun, itu tidak berarti bahwa semua bisnis harus menerapkan strategi pemasaran digital dengan cara yang sama.

Pemasaran Digital B2B

Jika perusahaan Anda adalah bisnis-ke-bisnis (B2B), upaya pemasaran digital Anda cenderung dipusatkan di sekitar generasi pemimpin online, dengan tujuan akhirnya adalah agar seseorang berbicara dengan tenaga penjualan.

Oleh karena itu, peran strategi pemasaran Anda adalah untuk menarik dan mengonversi prospek berkualitas tinggi untuk tenaga penjualan Anda melalui situs web Anda dan saluran digital pendukung.

Di luar situs web Anda, Anda mungkin akan memilih untuk memfokuskan upaya Anda pada saluran yang berfokus pada bisnis seperti LinkedIn di mana demografis Anda menghabiskan waktu online mereka.

Pemasaran Digital B2C

Jika perusahaan Anda adalah bisnis-ke-konsumen (B2C), tergantung pada titik harga produk Anda, kemungkinan tujuan dari upaya pemasaran digital Anda adalah untuk menarik orang ke situs web Anda dan membuat mereka menjadi pelanggan tanpa perlu berbicara dengan seorang penjual.

Karena alasan itu, Anda mungkin cenderung tidak berfokus pada ‘prospek’ dalam pengertian tradisional mereka, dan lebih cenderung berfokus pada membangun perjalanan pembeli yang dipercepat, dari saat seseorang membuka situs web Anda, hingga saat mereka melakukan pembelian.

Ini sering berarti fitur produk Anda di konten Anda lebih tinggi di saluran pemasaran daripada untuk bisnis B2B, dan Anda mungkin perlu menggunakan ajakan bertindak (CTA) yang lebih kuat.

Untuk perusahaan B2C, saluran seperti Instagram dan Pinterest sering kali lebih berharga daripada platform yang berfokus pada bisnis LinkedIn.

Jenis konten digital apa yang harus saya buat?

Jenis konten yang Anda buat bergantung pada kebutuhan audiens Anda pada berbagai tahap dalam perjalanan pembeli.

Anda harus mulai dengan membuat persona pembeli (gunakan template gratis ini, atau coba makemypersona.com) untuk mengidentifikasi apa tujuan dan tantangan audiens Anda dalam kaitannya dengan bisnis Anda.

Pada tingkat dasar, konten online Anda harus bertujuan untuk membantu mereka mencapai tujuan ini, dan mengatasi tantangan mereka.

Kemudian, Anda perlu memikirkan kapan mereka paling mungkin siap untuk mengonsumsi konten ini sehubungan dengan tahap apa mereka dalam perjalanan pembeli mereka. Kami menyebutnya pemetaan konten.

Dengan pemetaan konten, tujuannya adalah untuk menargetkan konten sesuai dengan:

  • Ciri-ciri orang yang akan mengkonsumsinya (dari situlah buyer persona masuk).
  • Seberapa dekat orang tersebut dengan melakukan pembelian (yaitu, tahap siklus hidup mereka).

Dalam hal format konten Anda, ada banyak hal berbeda untuk dicoba. Berikut adalah beberapa opsi yang kami sarankan untuk digunakan pada setiap tahap perjalanan pembeli:

Tahap Kesadaran

Postingan blog. Bagus untuk meningkatkan lalu lintas organik Anda ketika dipasangkan dengan SEO dan strategi kata kunci yang kuat.

Infografis. Sangat dapat dibagikan, artinya mereka meningkatkan peluang Anda ditemukan melalui media sosial ketika orang lain membagikan konten Anda. (Lihat template infografis gratis ini untuk membantu Anda memulai.)

Video pendek. Sekali lagi, ini sangat mudah dibagikan dan dapat membantu merek Anda ditemukan oleh pemirsa baru dengan menghosting mereka di platform seperti YouTube.

Baca Juga :  Bunuh Diri Akibat Media Sosial

Tahap Pertimbangan

Ebook. Bagus untuk menghasilkan prospek karena umumnya lebih komprehensif daripada posting blog atau infografis, yang berarti seseorang lebih cenderung bertukar informasi kontak mereka untuk menerimanya.

Laporan penelitian. Sekali lagi, ini adalah konten bernilai tinggi yang bagus untuk menghasilkan prospek. Laporan penelitian dan data baru untuk industri Anda juga dapat berfungsi untuk tahap kesadaran, karena sering diambil oleh media atau pers industri.

Webinar. Karena merupakan bentuk konten video yang lebih detail dan interaktif, webinar adalah format konten tahap pertimbangan yang efektif karena menawarkan konten yang lebih komprehensif daripada posting blog atau video pendek.

Tahap Keputusan

Studi kasus. Memiliki studi kasus terperinci di situs web Anda dapat menjadi bentuk konten yang efektif bagi mereka yang siap membuat keputusan pembelian, karena membantu Anda secara positif memengaruhi keputusan mereka.

Testimonial. Jika studi kasus tidak cocok untuk bisnis Anda, memiliki testimonial singkat di sekitar situs web Anda adalah alternatif yang baik. Untuk merek B2C, pikirkan testimonial sedikit lebih longgar.

Jika Anda seorang merek pakaian, ini mungkin berupa foto bagaimana orang lain menata kemeja atau gaun, diambil dari tagar bermerek di mana orang dapat berkontribusi.

Bagaimana Melakukan Pemasaran Digital?

  1. Tentukan tujuan Anda.
  2. Identifikasi audiens target Anda.
  3. Tetapkan anggaran untuk setiap saluran digital.
  4. Ciptakan keseimbangan yang baik antara strategi digital berbayar dan gratis.
  5. Buat konten yang menarik.
  6. Optimalkan aset digital Anda untuk seluler.
  7. Lakukan riset kata kunci.
  8. Ulangi berdasarkan analitik yang Anda ukur.

Tentukan tujuan Anda.

Saat pertama kali memulai pemasaran digital, penting bagi Anda untuk memulai dengan mengidentifikasi dan menentukan tujuan Anda, karena Anda akan menyusun strategi secara berbeda bergantung pada tujuan tersebut.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, Anda mungkin ingin lebih memperhatikan menjangkau audiens baru melalui media sosial.

Atau, mungkin Anda ingin meningkatkan penjualan pada produk tertentu — jika itu masalahnya, lebih penting Anda fokus pada SEO dan mengoptimalkan konten untuk mendapatkan pembeli potensial di situs web Anda.

Selain itu, jika penjualan adalah tujuan Anda, Anda dapat menguji kampanye PPC untuk mengarahkan lalu lintas melalui iklan berbayar.

Apapun masalahnya, paling mudah untuk membentuk strategi pemasaran digital setelah Anda menentukan tujuan terbesar perusahaan Anda.

Identifikasi audiens target Anda.

Kami telah menyebutkan ini sebelumnya, tetapi salah satu manfaat terbesar dari pemasaran digital adalah kesempatan untuk menargetkan audiens tertentu – namun, Anda tidak dapat memanfaatkan manfaat itu jika Anda belum mengidentifikasi audiens target Anda terlebih dahulu.

Tentu saja, penting untuk dicatat, audiens target Anda mungkin berbeda tergantung pada saluran atau sasaran yang Anda miliki untuk produk atau kampanye tertentu.

Misalnya, mungkin Anda memperhatikan bahwa sebagian besar audiens Instagram Anda lebih muda dan lebih menyukai meme lucu dan video singkat — tetapi audiens LinkedIn Anda cenderung profesional yang lebih tua yang mencari lebih banyak saran taktis.

Anda akan ingin memvariasikan konten Anda untuk menarik audiens target yang berbeda ini.

Tetapkan anggaran untuk setiap saluran digital.

Seperti apa pun, anggaran yang Anda tentukan sangat bergantung pada elemen pemasaran digital apa yang ingin Anda tambahkan ke strategi Anda.

Jika Anda berfokus pada teknik masuk seperti SEO, media sosial, dan pembuatan konten untuk situs web yang sudah ada sebelumnya, kabar baiknya adalah Anda tidak memerlukan banyak anggaran sama sekali.

Dengan Inbound marketing, fokus utamanya adalah membuat konten berkualitas tinggi yang ingin dikonsumsi audiens Anda, yang kecuali Anda berencana untuk mengalihdayakan pekerjaan, satu-satunya investasi yang Anda perlukan adalah waktu Anda.

Anda dapat memulai dengan menghosting situs web dan membuat konten menggunakan CMS berbayar.

Bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, Anda dapat mulai menggunakan WordPress yang dihosting di WP Engine, menggunakan yang sederhana dari StudioPress, dan membangun situs Anda tanpa kode menggunakan Elementor Website Builder untuk WordPress.

Dengan teknik outbound seperti iklan online dan pembelian daftar email, tidak diragukan lagi ada beberapa biaya. Berapa biayanya tergantung pada jenis visibilitas yang ingin Anda terima sebagai hasil dari iklan.

Misalnya, untuk menerapkan PPC menggunakan Google AdWords, Anda akan menawar perusahaan lain di industri Anda untuk muncul di bagian atas hasil pencarian Google untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.

Bergantung pada daya saing kata kunci, ini bisa cukup terjangkau, atau sangat mahal, itulah mengapa sebaiknya fokus membangun jangkauan organik Anda juga.

Ciptakan keseimbangan yang baik antara strategi digital berbayar dan gratis.

Strategi pemasaran digital kemungkinan membutuhkan aspek berbayar dan gratis agar benar-benar efektif.

Misalnya, jika Anda banyak menghabiskan waktu dalam membangun persona pembeli yang komperehensif serta mengidentifikasi kebutuhan audiens, lalu Anda berfokus dalam membuat konten online berkualitas.

Meskipun belanja iklan Anda minimal, dalam jangka waktu enam bulan, Anda akan melihat hasil yang signifikan. 

Namun, jika iklan berbayar adalah bagian dari strategi digital Anda, maka hasilnya mungkin akan datang lebih cepat.

Pada akhirnya, disarankan untuk fokus membangun jangkauan organik Anda (atau ‘gratis’) menggunakan konten, SEO, dan media sosial untuk kesuksesan jangka panjang yang lebih berkelanjutan.

Jika ragu, coba keduanya, dan ulangi proses Anda saat Anda mempelajari saluran mana — berbayar atau gratis — yang berkinerja terbaik untuk merek Anda.

Buat konten yang menarik.

Setelah Anda mengetahui audiens Anda dan Anda memiliki anggaran, saatnya untuk mulai membuat konten untuk berbagai saluran yang akan Anda gunakan. Konten ini dapat berupa posting media sosial, posting blog, iklan PPC, konten bersponsor, buletin pemasaran email, dan banyak lagi.

Tentu saja, konten apa pun yang Anda buat harus menarik dan menarik bagi audiens Anda karena inti dari konten pemasaran adalah untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan perolehan prospek.

Optimalkan aset digital Anda untuk seluler.

Komponen kunci lain dari pemasaran digital adalah pemasaran seluler. Kenyataannya, pemakaian ponsel pintar seluruhnya menyumbangkan 68% dari waktu yang dihabiskan untuk menggunakan media digital di Indonesia, sementara konsumsi media digital berbasis desktop mencapai kurang dari setengah.

Ini berarti penting untuk mengoptimalkan iklan digital, halaman web, gambar media sosial, dan aset digital lainnya untuk perangkat seluler Anda.

Jika perusahaan Anda memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan merek Anda atau berbelanja produk Anda, aplikasi Anda juga berada di bawah payung pemasaran digital.

Mereka yang terlibat dengan perusahaan Anda secara online melalui perangkat seluler harus memiliki pengalaman positif yang sama seperti di desktop.

Ini berarti menerapkan desain situs web yang ramah seluler atau responsif untuk membuat penjelajahan menjadi ramah pengguna bagi mereka yang menggunakan perangkat seluler.

Ini mungkin juga berarti mengurangi panjang formulir pembuatan prospek Anda untuk menciptakan pengalaman yang tidak merepotkan bagi orang-orang yang mengunduh konten Anda saat dalam perjalanan.

Untuk gambar media sosial Anda, penting untuk selalu mempertimbangkan pengguna seluler saat membuatnya, karena dimensi gambar lebih kecil pada perangkat seluler dan teks dapat terpotong.

Ada banyak cara Anda dapat mengoptimalkan aset pemasaran digital Anda untuk pengguna seluler, dan ketika menerapkan strategi pemasaran digital apa pun, sangat penting untuk mempertimbangkan bagaimana pengalaman akan diterjemahkan di perangkat seluler.

Dengan memastikan hal ini selalu menjadi perhatian utama, Anda akan menciptakan pengalaman digital yang sesuai untuk audiens Anda, dan akibatnya mencapai hasil yang Anda harapkan.

Melakukan penelitian kata kunci.

Pemasaran digital adalah tentang menjangkau audiens yang ditargetkan melalui konten yang dipersonalisasi — yang semuanya tidak dapat terjadi tanpa penelitian kata kunci yang efektif.

Melakukan penelitian kata kunci sangat penting untuk mengoptimalkan situs web dan konten Anda untuk SEO dan memastikan orang dapat menemukan bisnis Anda melalui mesin pencari.

Selain itu, penelitian kata kunci media sosial juga dapat membantu untuk memasarkan produk atau layanan Anda di berbagai saluran sosial.

Bahkan jika Anda tidak memiliki ahli strategi SEO penuh waktu, Anda tetap ingin melakukan riset kata kunci. Coba buat daftar kata kunci berperforma tinggi yang terkait dengan produk atau layanan Anda, dan pertimbangkan variasi ekor panjang untuk peluang tambahan.

Iterasi berdasarkan analitik yang Anda ukur.

Terakhir, untuk membuat strategi pemasaran digital yang efektif untuk jangka panjang, penting bagi tim Anda untuk mempelajari cara melakukan pivot berdasarkan analitik.

Misalnya, mungkin setelah beberapa bulan Anda menemukan bahwa audiens Anda tidak lagi tertarik dengan konten Anda di Instagram — tetapi mereka menyukai apa yang Anda buat di Twitter.

Tentu, ini mungkin kesempatan untuk meninjau kembali strategi Instagram Anda secara keseluruhan, tetapi ini juga bisa menjadi tanda bahwa audiens Anda lebih memilih saluran yang berbeda untuk mengonsumsi konten bermerek.

Atau, mungkin Anda menemukan halaman web lama tidak mendapatkan lalu lintas seperti biasanya. Anda dapat mempertimbangkan untuk memperbarui halaman atau menghapusnya sepenuhnya untuk memastikan pengunjung menemukan konten terbaru dan paling relevan untuk kebutuhan mereka.

Pemasaran digital memberi bisnis peluang yang sangat fleksibel untuk pertumbuhan berkelanjutan — tetapi terserah Anda untuk memanfaatkannya.

Akhir Kata

Jika Anda sudah melakukan pemasaran digital, kemungkinan Anda setidaknya menjangkau beberapa segmen audiens Anda secara online. Tidak diragukan lagi Anda dapat memikirkan beberapa area strategi Anda yang dapat menggunakan sedikit peningkatan.

Untuk memulai pemasaran digital, Anda bisa memulainya dengan tool yang gratisan, dan mencoba langkah-langkah yang diuraikan di atas. Semoga ada manfaatnya.

Salam : bankpnb.co.id