Belajar SEO Terbaru untuk Pemula Dalam 15 Menit

Posted on
Belajar-SEO-Terbaru-Untuk-Pemula

Belajar SEO terbaru untuk pemula hanya dalam 15 menit, apa bisa? SEO mungkin terlihat sangat luar biasa pada pandangan pertama dengan semua aturan ini, kata kunci, algoritme peringkat yang canggih, dan sebagainya.

Tetapi bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa mungkin untuk mempelajari sekitar 80% esensi SEO tidak lebih dari hanya lima belas menit, terlepas dari latar belakang pemasaran digital Anda.

Dan tidak masalah jika Anda seorang calon pemasar digital atau pemilik usaha kecil yang hanya ingin mulai mengarahkan lalu lintas dan mendapatkan arahan dari mesin pencari tanpa membayar mahal ke agensi digital.

Dalam artikel ini, kami akan meletakkan semuanya secara berurutan dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami sehingga setelah membacanya, Anda dapat langsung mulai meningkatkan peringkat situs web Anda.

Tanpa basa-basi lagi, disimak dan selami penjelasan berikut!

Apa itu SEO, dan mengapa itu penting untuk situs web apa pun?

Mari kita mulai dari awal dan mencari tahu apa itu SEO dan mengapa itu sangat penting bagi setiap pemilik situs web.

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari.

Pada dasarnya, ini adalah serangkaian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan posisi halaman situs web untuk kata kunci tertentu di halaman hasil mesin pencari atau SERP.

Semakin signifikan jumlah kata kunci untuk peringkat situs web Anda, semakin banyak lalu lintas organik yang Anda dapatkan.

Ketika datang ke bisnis, lalu lintas berarti pelanggan potensial dan penjualan, dan itulah mengapa SEO sangat penting bagi siapa saja yang ingin sukses secara online.

Selain itu, lalu lintas organik memiliki beberapa fitur unik yang membuatnya lebih berharga daripada jenis lalu lintas lainnya.

Kelebihan SEO

Untuk memulainya, ini sepenuhnya gratis.

Tentu saja, perlu disebutkan bahwa jika menyangkut frasa kunci bervolume tinggi, yang juga dikenal sebagai kata kunci berekor pendek, mungkin diperlukan banyak waktu, tenaga, dan uang untuk membuat peringkat situs web Anda.

Contoh-kata-kunci-ekor-pendek

Namun, pertama-tama, kata kunci ekor pendek terlalu luas, yang berarti hampir tidak masuk akal untuk mencoba membidiknya secara khusus karena kata kunci itu tidak akan mengarahkan Anda kepada pelanggan.

Kedua, sekitar 70% dari keseluruhan permintaan pencarian diwakili oleh kata kunci jangka panjang.

Contoh-kata-kunci-ekor-panjang

Mereka jauh lebih spesifik dan sangat mudah dikonversi karena orang yang memasukinya biasanya memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka cari.

Dimana kata kunci ekor panjang biasanya cukup unik karena terdiri dari tiga kata atau lebih.

Keunikan seperti itu membuat mereka memiliki daya saing rendah dan memungkinkan Anda untuk mulai mendapatkan lalu lintas dari awal.

Akhirnya, setelah halaman situs web Anda mulai memberi peringkat untuk kata kunci di bagian atas hasil pencarian, itu mungkin menarik pengunjung baru selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sampai pesaing Anda menggantikan Anda, yang sangat tidak mungkin terjadi jika halaman Anda sepenuhnya cocok dengan maksud pencarian.

Untuk meringkas, saya akan mengatakan bahwa SEO yang dilakukan dengan benar dapat mengarahkan ke situs web Anda secara gratis, konsisten, dan, yang lebih penting, lalu lintas yang sangat dapat dikonversi, jadi tolong jangan meremehkan kekuatannya.

Kekurangan SEO

Tentu saja, SEO memiliki kekurangannya sendiri, dan mungkin yang utama adalah prosesnya yang cukup lama, terutama untuk situs web baru.

Rata-rata, dibutuhkan waktu hingga enam bulan untuk mulai mendapatkan lalu lintas pertama, bahkan jika Anda menargetkan kata kunci ekor panjang dan, karenanya, kata kunci kompetitif rendah.

Pertama-tama, ini sangat tergantung pada niche spesifik Anda, kata kunci yang Anda tuju, jumlah halaman yang dimiliki situs web Anda, dan beberapa faktor unik lainnya.

Kedua, perlu diingat bahwa mesin pencari perlu meluangkan waktu untuk menemukan dan merayapi situs web Anda, serta menentukan tujuan pencarian mana yang harus diberi peringkat dan seberapa tinggi.

Jadi ya, SEO jelas bukan untuk mereka yang ingin mendapatkan banyak lalu lintas dengan segera.

Segera lakukan SEO di situs web Anda

Jika Anda telah melakukan SEO dengan benar, setelah beberapa saat, situs web Anda mulai mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari mesin pencari, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan peringkat yang baik bahkan untuk kata kunci yang lebih kompetitif.

Pada dasarnya, semakin banyak kepercayaan yang diperoleh situs web Anda, semakin mudah untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dan meningkatkan jumlah lalu lintas masuk.

Itulah mengapa masuk akal untuk mulai melakukan SEO segera setelah Anda meluncurkan situs web.

Fakta lain yang benar-benar patut diperhatikan adalah Anda harus selalu terlibat dalam SEO untuk mempertahankan posisi Anda.

Masalahnya, mesin pencari terus-menerus mengubah dan meningkatkan algoritme peringkat untuk memberikan hasil pencocokan terbaik. Jadi, Anda tidak perlu melakukan apa-apa selain tetap mengikuti dan menyesuaikan pendekatan Anda.

Selain itu, Anda harus menyadari bahwa pesaing Anda juga melakukan SEO dan ingin menggelapkan lalu lintas Anda.

Namun, dalam praktiknya, saya akan mengatakan bahwa cukup mencurahkan beberapa jam seminggu untuk SEO untuk tetap berada di puncak permainan, jadi itu tidak memakan waktu seperti yang terlihat pada pandangan pertama.

Mempertimbangkan semua hal di atas, mari kita lakukan pengejaran dan cari tahu bagaimana tepatnya Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari.

Baca Juga :  Facebook, Instagram, dan WhatsApp Padam Secara Global

Pada dasarnya, proses ini dibagi menjadi tiga bagian – SEO on-page, SEO teknis, dan terakhir, SEO off-page.

SEO on-page

Hal pertama yang utama.

Seperti namanya, SEO on-page adalah serangkaian tindakan yang ditujukan untuk mengoptimalkan halaman situs web untuk kata kunci tertentu untuk meningkatkan visibilitas pencarian dan menarik lebih banyak lalu lintas.

Pada dasarnya, SEO on-page terdiri dari dua hal – penelitian kata kunci dan tautan internal.

Riset kata kunci

Aman untuk mengatakan bahwa setiap optimasi mesin pencari situs web dimulai dengan penelitian kata kunci.

Pada dasarnya, kata kunci adalah permintaan pencarian yang digunakan orang saat mencari produk, layanan, atau konten Anda.

Sangat penting untuk mempelajarinya karena memasukkan kata kunci ini ke dalam konten halaman dan tag meta memungkinkan mesin pencari mengenali apa yang terdiri dari halaman dan bagaimana peringkatnya.

Selain itu, Anda harus menyadari bahwa setiap kata kunci memiliki daya saing dan volume lalu lintas bulanannya sendiri, jadi jika Anda baru saja akan meluncurkan situs web, masuk akal untuk membidik kata kunci yang kurang kompetitif untuk mulai mendapatkan lalu lintas dari awal.

Tentu saja, mungkin sangat rumit untuk menemukan kata kunci seperti itu di beberapa ceruk yang sangat populer, tetapi itu sangat berharga.

Selain itu, semakin banyak kepercayaan yang diperoleh situs web Anda dari mesin pencari, semakin mudah untuk menentukan peringkat untuk kata kunci yang lebih kompetitif, jadi secara umum, SEO adalah tentang kesabaran.

Kami akan berbicara tentang kepercayaan situs web secara rinci sedikit lebih jauh di artikel ini, jadi untuk saat ini, mari lanjutkan dan cari tahu cara melakukan riset kata kunci dengan benar.

Nah, ada tiga alat paling populer yang saya rekomendasikan untuk digunakan untuk tujuan itu:  AhrefsSimilarweb, dan Semrush.

Secara umum, semuanya memiliki serangkaian fitur yang sangat mirip, jadi saya akan membicarakannya sebagai satu produk sehingga Anda tidak akan bingung.

Pertama-tama, alat ini sangat bagus untuk penelitian kata kunci itu sendiri. Anda dapat menemukan kata kunci baru, mendalami beberapa kata kunci tertentu, mendapatkan saran dengan ide-ide baru, dan seterusnya.

Tapi yang lebih penting, alat ini memungkinkan Anda untuk memata-matai pesaing Anda.

apa-itu-SEO-daftar-kata-kunci

Tepatnya, Anda dapat mengetahui lalu lintas bulanan mereka, kata kunci dan halaman mana yang mendorong jumlah terbesarnya, berapa banyak backlink yang didapat situs web mereka, dan banyak lagi.

Ini adalah pengetahuan yang berharga, setidaknya dari sudut pandang saya.

Karena saya selalu mengatakan bahwa jika Anda ingin membuat produk terbaik, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah mengambil ide dan pendekatan terbaik dari setiap pesaing Anda dan juga meningkatkannya.

Jadi saya merekomendasikan untuk mencoba alat ini, terutama mengingat sebagian besar dari mereka menyediakan masa percobaan gratis.

Juga, saya tidak bisa tidak menyebutkan bahwa ada alat penelitian kata kunci gratis yang disediakan oleh Google yang disebut Keyword Planner.

Meskipun awalnya dirancang untuk memilih kata kunci khusus untuk kampanye Google Ads, itu masih cukup berguna dalam hal penelitian kata kunci untuk tujuan SEO.

Tentu saja, Keyword Planner tidak dapat bersaing dengan benar dengan alat premium khusus untuk penelitian kata kunci, tetapi ini adalah tempat yang sangat baik untuk memulai dan mencoba tangan Anda.

Hal penting lainnya tentang penelitian kata kunci yang tidak dapat tidak saya sebutkan adalah bahwa ada perbedaan besar antara pendekatan untuk blog dan situs web eCommerce.

Ketika datang ke artikel blog: keunikan konten, relevansi, kelengkapan, dan bahkan format konten adalah faktor peringkat utama.

Itu sebabnya artikel dari atas SERP biasanya cukup panjang, memuat banyak kata kunci dan infografis, ditulis oleh seorang ahli, dan selalu up to date.

Dalam kasus situs web eCommerce, tentu saja, Anda tidak dapat memasukkan banyak teks di halaman produk, dan terlebih lagi, itu akan terlihat aneh.

Karena mesin pencari sangat menyadari hal ini, situs web eCommerce dan blog memiliki algoritme peringkat kata kunci yang berbeda.

Ingatlah fakta itu saat mengerjakan situs web Anda.

Namun, selalu merupakan ide bagus untuk memulai blog perusahaan dan menarik lalu lintas gratis dari mesin pencari ke artikel yang terkait dengan produk atau layanan Anda.

Nah, karena kita telah mengetahui pentingnya kata kunci dan cara menemukan dan menggunakannya dengan benar, mari beralih ke teknik SEO on-page penting lainnya, yaitu tautan internal.

Tautan internal

Seperti namanya, internal link adalah hyperlink antara dua halaman di situs web yang sama.

Mungkin, contoh tautan internal yang paling jelas adalah menu navigasi karena hampir setiap situs web memilikinya.

Penting untuk menjaga agar semua halaman situs web Anda tertaut satu sama lain karena beberapa alasan:

Pertama, tautan memudahkan Google dan mesin telusur lainnya untuk merayapi situs web Anda dan memahami strukturnya.

Kedua, mereka membuatnya lebih nyaman bagi pengunjung untuk menavigasi situs web Anda dan menemukan konten yang ingin mereka temukan.

Dan akhirnya, tautan internal dapat melewati ekuitas tautan dengan cara yang sama seperti tautan eksternal.

Kecuali untuk contoh nyata tautan internal seperti menu navigasi, peta situs, kiriman atau umpan produk, dan sebagainya, ada jenis tautan internal lain yang kami masukkan ke dalam konten, juga dikenal sebagai tautan kontekstual.

Mereka memiliki beberapa fitur yang layak disebut.

Dimulai dengan mesin pencari dapat mengenali teks di sekitar tautan dan memahami apakah itu relevan atau tidak. Karena fakta ini, tautan kontekstual memiliki nilai SEO yang lebih tinggi daripada tautan navigasi.

Selain itu, salah satu faktor terpenting dalam efektivitas tautan adalah rasio klik-tayang atau RKT.

Google menganggap tautan yang sangat dapat diklik sebagai tautan yang lebih tepercaya, yang menjadikannya sangat bernilai SEO.

Sebagai aturan, terutama dalam kasus situs web blog, orang cenderung lebih sering mengikuti tautan di dalam teks, daripada tautan navigasi, jadi menempatkannya adalah peluang bagus untuk meningkatkan posisi situs web Anda di hasil pencarian.

Baca Juga :  Aplikasi Jarang Diketahui Orang: 10 Aplikasi Harus Diketahui

Dan mungkin hanya itu yang perlu Anda ketahui tentang SEO pada halaman untuk awal yang solid, jadi kami siap untuk sampai ke bagian teknis.

SEO teknis

SEO teknis juga dilakukan di dalam situs web, tetapi tidak seperti SEO on-page, itu berlaku untuk seluruh situs web, bukan hanya halaman tertentu.

Singkatnya, jika Anda ingin situs web Anda mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian, Anda harus memastikan itu memuat dengan cepat, ditampilkan dengan benar di perangkat seluler, tidak memiliki halaman duplikat, dan masalah dengan pengindeksan.

Semua hal ini kecuali untuk pengoptimalan kecepatan pemuatan cukup individual, jadi saya tidak akan membahasnya secara detail karena hampir tidak masuk akal.

Tetapi untuk mempercepat pemuatan situs web, ada beberapa alat dan teknik serbaguna yang akan membantu Anda, apa pun CMS atau pembuat situs web yang Anda gunakan.

Kompresi gambar

Mungkin hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan situs web Anda adalah mulai mengompresi gambar sebelum mengunggahnya.

Dari pengalaman saya, justru bobot gambar yang besar adalah penyebab paling populer dari situs web yang lambat memuat.

Itu terutama berlaku untuk toko online, di mana halaman produk dapat menyertakan banyak gambar atau situs blog dengan banyak gambar dalam satu halaman.

Untungnya, ada banyak alat online yang dapat digunakan untuk mengurangi berat gambar hanya dengan beberapa klik.

Misalnya, favorit saya adalah TinyPNG.com.

Karena teknik kompresi lossy yang cerdas, alat ini memungkinkan Anda untuk mengurangi ukuran file gambar hingga 70% tanpa kehilangan kualitas yang nyata.

Caching dan minifikasi

Langkah-langkah pengoptimalan kecepatan pemuatan situs web berikut yang ingin saya sebutkan adalah caching dan minifikasi kode.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, pada dasarnya, sebuah situs web hanyalah sekumpulan file. Dan setiap kali pengguna memuat halaman, browser mereka mengunduh file yang terdiri dari halaman.

Caching memungkinkan browser untuk menyimpan salinan file-file ini dalam cache atau lokasi penyimpanan sementara untuk diakses lebih cepat, sehingga mempercepat pemuatan situs web.

Adapun minifikasi, ini adalah proses meminimalkan kode dan markup di halaman web dan file skrip Anda, yang memungkinkan pengurangan bobotnya.

Langkah-langkah ini biasanya datang bersamaan, memiliki dampak signifikan pada kecepatan pemuatan situs web.

Dan saya punya kabar baik untuk Anda. Sebagian besar pembuat situs web populer menyediakan fitur ini secara default, atau Anda dapat mengaktifkannya di suatu tempat di pengaturan.

Hal yang sama berlaku untuk WordPress. Ada banyak plugin gratis yang dapat Anda gunakan untuk tujuan ini, jadi saya yakin Anda tidak akan menghadapi masalah apa pun.

CDN (Content Delivery Network)

Dan hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yang dapat diterapkan ke situs web apa pun terlepas dari platformnya adalah CDN atau jaringan pengiriman konten.

Dalam istilah awam, ini adalah sekelompok server yang terdistribusi secara geografis yang mempercepat pengiriman konten web dengan mendekatkannya ke tempat pengguna berada.

Itulah mengapa menghubungkan situs web Anda ke CDN mutlak diperlukan jika Anda memiliki lalu lintas di seluruh dunia, tetapi tidak masuk akal jika sebagian besar pengunjung Anda berasal dari negara yang sama dengan tempat server hosting Anda berada.

SEO off-page

Dan akhirnya, kami berhasil mencapai SEO off-page. Seperti yang Anda duga, itu hanya mencakup aktivitas yang dilakukan di luar situs web Anda sendiri, dan pada dasarnya, semuanya bermuara pada membangun tautan balik.

Tentu saja, perlu disebutkan bahwa konsep ini mengandung banyak teknik berbeda seperti pemasaran konten, pembangunan merek, posting tamu, dan sebagainya, tetapi artinya selalu sama — semakin banyak backlink berkualitas yang Anda dapatkan, semakin baik.

Tetapi mengapa begitu penting, bagaimana membuat orang merujuk ke situs web Anda, dan bagaimana Anda dapat mengukur kualitas tautan?

Hal pertama yang utama.

Bagaimana cara mulai mendapatkan tautan?

Singkatnya, jika halaman situs web Anda mulai mendapatkan tautan balik dari situs web lain, itu menandakan Google bahwa orang-orang menganggap konten Anda berharga dan layak untuk diberi peringkat lebih tinggi.

Seperti dalam kehidupan nyata, semakin tinggi otoritas sumber yang merujuk kepada Anda, semakin banyak nilai yang dimiliki tautan tersebut. Itu sebabnya tidak semua backlink memiliki nilai yang sama.

Misalnya, di Fiverr, Anda dapat menemukan banyak pertunjukan di mana orang-orang, yang terlibat dalam apa yang disebut SEO “Black Hat”, serangkaian tindakan yang mencakup teknik yang ditujukan untuk menipu mesin telusur, menawarkan Anda untuk membeli ratusan tautan balik untuk beberapa puluh dolar.

Salah satu cara paling andal untuk mendapatkan penalti dari Google

Tolong, hindari tawaran seperti itu.

Ini bukanhanya membuang-buang uang tetapi cara mudah untuk mendapatkan hukuman oleh Google suatu hari nanti.

Kandidat backlink yang ideal adalah situs web di ceruk yang sama dengan milik Anda, yang telah mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari dan memiliki lalu lintas bulanan yang layak.

Sebagai aturan, cukup sulit untuk mendapatkan tautan balik dari situs web semacam itu jika Anda tidak terbiasa dengan pendekatan pembuatan tautan yang populer, yang akan kita bicarakan lebih jauh.

Untuk saat ini, mari kita cari tahu cara mengukur kualitas tautan.

Bagaimana cara mengukur kualitas tautan?

Pertama-tama, saya ingin mengklarifikasi bahwa istilah — “kualitas tautan” adalah buatan dan diciptakan oleh para pakar SEO sendiri.

Masalahnya, Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat dalam algoritme mereka dan tidak mengungkapkan sebagian besar dari mereka, termasuk bagaimana tepatnya mereka mengevaluasi kualitas backlink.

Untungnya, ada beberapa atribut yang dengannya kita dapat menentukan seberapa berharganya backlink dari domain tertentu.

Misalnya, ini adalah parameter seperti visibilitas situs, lalu lintas bulanan, jumlah domain rujukan, relevansi, dll.

Jelas, Anda tidak ingin dan bahkan tidak dapat memeriksa setiap situs web apakah mereka memenuhi parameter ini atau tidak.

Baca Juga :  Keterampilan Abad Ke-21 Untuk Siswa | Penting Diketahui

Itu sebabnya SEO off-page hampir tidak dapat dibayangkan tanpa alat analisis backlink khusus.

Dan saya pikir aman untuk mengatakan bahwa salah satu yang terbaik adalah Ahrefs.com yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Toolset Ahrefs memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambaran lengkap dari situs web donor dan menentukan apakah layak mendapatkan backlink darinya atau tidak.

Belajar-SEO-dashboard-ahrefs

Selain itu, dengan menggunakannya, Anda dapat memantau profil backlink situs web Anda sendiri dan pertumbuhannya dari waktu ke waktu.

Akhirnya, seperti yang sudah saya katakan, Ahrefs dapat digunakan untuk mengetahui kata kunci apa yang diperingkat oleh pesaing Anda dalam pencarian dan berapa banyak lalu lintas yang dibawa oleh setiap kata kunci.

Singkatnya, ini adalah alat yang harus dimiliki bagi siapa saja yang terlibat dalam SEO. Dan ada kabar baik untuk pemula.

Ahrefs menyediakan masa percobaan 7 hari hanya dengan tujuh dolar, jadi saya sarankan mencobanya dan memutuskan apakah Anda siap untuk menyelam jauh ke dalam SEO di luar halaman atau waktunya belum tiba.

Juga, saya tidak bisa tidak menyebutkan bahwa ada indikator kualitas tautan tersembunyi yang tidak dapat diukur oleh alat pihak ketiga, kecuali itu tautan Anda sendiri. Ini adalah rasio klik-tayang.

Tautan yang sering diikuti adalah yang paling berharga di mata Google karena memperjelas bahwa tautan itu tidak ditempatkan secara artifisial, dan itu sangat membantu.

Tempat khas untuk backlink yang memiliki RKPT tinggi adalah awal atau tengah dari artikel yang sangat terkait, jadi cobalah untuk mengingat fakta ini ketika Anda melakukan pembuatan backlink jika Anda ingin mencapai efisiensi maksimum.

Teknik membangun backlink

Dan saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk berbicara tentang strategi dan teknik membangun backlink, mencari tahu mana yang terbaik dan bagaimana menerapkannya dengan benar.

Tapi sebelum kita mulai, saya ingin mengklarifikasi sesuatu.

Karena tutorial ini adalah semacam pengantar SEO, yang seharusnya singkat dan mudah dipahami sebanyak mungkin, saya tidak akan memberi Anda contoh spesifik pembuatan profil backlink.

Itu tidak akan masuk akal karena setiap kasus cukup individual, dan menjelaskannya secara rinci akan membuat tutorial ini lebih lama sementara kurang informatif.

Sebagai gantinya, saya akan memperkenalkan Anda pada prinsip-prinsip umum membangun backlink yang akan menjelaskan di mana mendapatkan backlink untuk situs web khusus Anda serta memberi Anda beberapa bahan untuk dipikirkan.

Dengan itu, mari selami.

Untuk memulainya, Anda harus menyadari bahwa strategi membangun backlink berbeda tergantung pada jenis situs web.

Untuk blog

Ketika berbicara tentang blog, mungkin strategi terbaik dan satu-satunya adalah membuat konten berkualitas tinggi dan layak tautan.

Menerbitkan artikel yang komprehensif dan informatif yang mencakup semua pertanyaan pengunjung pasti akan menghasilkan banyak backlink berkualitas dari pembaca yang berterima kasih.

Selain itu, jika Anda seorang profesional yang diakui di bidang Anda dan menerbitkan banyak studi dan konten yang bermanfaat, hanya masalah waktu ketika kolega Anda mulai merujuk pada pekerjaan Anda.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya dapat menyebutkan beberapa metode mendapatkan backlink tertentu, seperti posting tamu, berbagai jenis kolaborasi, hadiah, dan bahkan mengemis.

Tetapi tujuan utama saya adalah untuk membuat Anda mengerti bahwa proses mendapatkan backlink ke blog sepenuhnya bergantung pada kualitas kontennya.

Jika buruk, tidak ada yang mau memasang backlink ke sana. Apalagi pengunjung blog akan merasa kecewa dan tidak puas, yang tentunya akan mempengaruhi rasio pentalan, salah satu faktor peringkat yang paling penting, membuat Google mengerti bahwa blog tidak pantas untuk mendapatkan posisi yang lebih baik.

Padahal, jika kontennya bagus, orang akan dengan tulus membagikan tautan ke sana, dan Anda bahkan tidak perlu memintanya!

Itu sebabnya, setidaknya menurut pendapat saya, jauh lebih masuk akal bagi blogger untuk fokus pada kualitas konten mereka daripada menghabiskan waktu mencari peluang baru.itas untuk mendapatkan backlink.

Untuk situs web bisnis dan eCommerce

Segalanya menjadi sedikit lebih rumit ketika datang ke situs web bisnis dan eCommerce karena orang biasanya tidak cenderung membagikan tautan ke mereka, setidaknya di luar messenger.

Namun, itu tidak berarti bahwa Anda harus duduk dan tidak melakukan apa-apa.

Sebagai gantinya, Anda dapat menjangkau blogger dan menyarankan semacam kolaborasi, misalnya, untuk menyebutkan situs web Anda sebagai bagian dari beberapa penelitian atau bahkan meminta mereka untuk membuat ulasan tentang produk atau layanan Anda.

Ini tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi tetapi juga menarik beberapa kunjungan langsung dan pelanggan potensial, jadi ini adalah manfaat ganda.

Meskipun Anda jelas harus membayar untuk backlink ini, ini tidak akan dianggap oleh Google sebagai SEO “topi hitam” karena backlink ini akan tetap bermanfaat bagi audiens blogger.

Selain itu, selalu merupakan ide bagus untuk memulai blog perusahaan Anda sendiri.

Itu adalah teknik yang sangat populer, terutama di antara perusahaan yang menyediakan beberapa jenis layanan dan alat online.

Masalahnya, dengan menerbitkan artikel di blog Anda yang ditujukan untuk kata kunci tertentu, Anda dapat menarik lalu lintas informasi, memungkinkan Anda untuk meningkatkan pengenalan merek dan mengubah beberapa pengunjung menjadi pelanggan.

Selain itu, ini adalah peluang luar biasa untuk mendapatkan backlink gratis dan berkualitas tinggi karena memiliki blog memungkinkan Anda bertindak seperti ahli di niche Anda dan menerbitkan konten yang layak untuk tautan.

Akhir Kata

Nah, itu saja yang ingin saya bagikan dengan Anda dalam tutorial ini.

Meskipun itu hanya sedikit informasi penting, saya harap saya berhasil menjawab pertanyaan yang paling mendesak dan membuatnya sedikit lebih mudah bagi Anda untuk memulai SEO.

Demikian ulasan tentang belajar SEO terbaru untuk pemula, semoga ada manfaatnya.