10 Faktor Peringkat Google Teratas untuk 2022

Posted on
Faktor-Peringkat-Google

Faktor Peringkat Google – Google memperbarui algoritma peringkatnya secara musiman untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Di artikel ini, kami telah mengumpulkan 10 faktor peringkat google terpenting pada tahun 2022. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Google Search tidak diragukan lagi merupakan mesin pencari paling populer. Perusahaan berutang keberhasilannya atas dedikasinya untuk mengutamakan pelanggan. Google menyesuaikan produknya dengan denyut nadi konsumennya, hanya menciptakan pengalaman pengguna terbaik.

10 Faktor Peringkat Google Teratas

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Google Search telah memperbarui algoritma peringkat google untuk memprioritaskan faktor peringkat utama pada tahun 2022.

Tapi jangan khawatir. Untuk mempermudah Anda, kami telah mengumpulkan semua yang perlu Anda ketahui di artikel ini. Di bawah ini adalah 10 faktor peringkat algoritma Google teratas untuk tahun 2022.

1. Konten Segar dan Menarik

Konten segar, menarik dan bermutu merupakan hal pertama sebagai faktor peringkat google. Tahun ini, konten melanjutkan kekuasaannya sebagai raja web. Sangat masuk akal bagi Google untuk memprioritaskan kualitas konten karena orang mengandalkan situs web untuk mendapatkan informasi. 

Mesin pencari menjadi jauh lebih baik dalam membedakan situs web dengan kualitas konten bernilai tinggi dari situs web yang menggunakan isian kata kunci. Meskipun kata kunci masih penting, fokus Anda harus menangani topik yang relevan dan memberikan jawaban yang baik untuk pertanyaan umum.

Pengguna mengajukan pertanyaan dengan maksud yang berbeda-beda, sehingga Anda memerlukan strategi yang sedikit berbeda untuk setiap artikel. Ingat untuk siapa Anda menulis dan buat kalimat Anda mudah untuk dipahami dan dicerna.

2. Keahlian Khusus

Dengan ribuan situs web untuk dipilih, Anda harus membedakan diri Anda dari pesaing. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menunjukkan pengetahuan dan keahlian yang luar biasa. Tidak hanya mendapatkan kepercayaan pengguna, tetapi juga memberi mesin pencari alasan untuk meningkatkan Anda di SERP. 

Google Search menjuluki situs web sebagai ahli niche jika memiliki sekelompok setidaknya 10 halaman otoritatif pada kata kunci yang sama.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Memulai Membuat Blog | Yuk! Ngeblog

Langkah pertama adalah memilih kata kunci yang tepat untuk ditargetkan. Kata kunci khusus niche memiliki volume pencarian yang lebih sedikit tetapi memberi Anda peluang yang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang baik dan menarik konsumen yang kemungkinan besar akan berkonversi. 

Seperti biasa, Anda harus memahami audiens target Anda dan menghasilkan kualitas konten tanpa gagal. Tujuannya adalah agar konsumen percaya bahwa mereka dapat mempercayai penilaian Anda dan mengandalkan situs web Anda untuk mendapatkan informasi yang kredibel.

Dengan kata lain, bahwa Anda harus memiliki keahlian khusus dalam memilih kata kunci, memahami target audiens. Kedua keahlian khusus ini merupakan faktor peringkat google teratas yang wajib dimiliki.

3. Keterlibatan Pengguna

Keterlibatan pengguna pertama kali diperkenalkan ke dalam algoritma peringkat google pada tahun 2016. Berkat kemajuan dalam deteksi penipuan klik, Google telah mampu memberikan bobot yang lebih besar dalam beberapa tahun terakhir.

Metrik ini memperhitungkan rasio pentalan, durasi sesi, dan halaman per sesi untuk menentukan seberapa baik situs Anda mendorong pengguna untuk berinteraksi dengan merek Anda. 

Visual yang menakjubkan dan kualitas konten yang segar adalah landasan dari strategi keterlibatan pengguna yang hebat. Kedua komponen memotivasi pengunjung untuk menjelajahi situs web Anda dan akhirnya berkonversi sebagai pelanggan yang membayar. 

Menyediakan obrolan langsung, mempersonalisasi UX, dan gamifikasi adalah beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna yang merupakan faktor peringkat google.

4. Ramah Seluler 

Algoritma-Peringkat-Google-Ramah-Pengguna

Pada titik ini, faktor peringkat google, tidak mengherankan bahwa keramahan seluler ada dalam daftar. Perdagangan seluler memegang 72,9% dari total pangsa pasar eCommerce , ditambah pengguna seluler hanya mendapatkan lebih banyak setiap hari.

Google menyukai situs web yang beradaptasi dengan baik dengan ponsel cerdas dan tablet dengan spesifikasi dan ukuran berbeda. Ini berarti Anda perlu mengambil pendekatan yang mengutamakan seluler selama pengembangan atau desain ulang.

Pengguna seharusnya dapat membaca teks tanpa harus memperbesar. Selain itu, mereka seharusnya tidak memiliki masalah saat menekan tombol CTA dan memuat grafik.

Untuk menguji situs web Anda, gunakan Alat Uji Ramah Seluler Google. Ini menghasilkan skor Anda dalam waktu kurang dari 30 detik bersama dengan ringkasan kesalahan kegunaan seluler.

5. Kata Kunci

Kata kunci kembali ke tahun 2000-an ketika Google belum menyempurnakan algoritma peringkat google. 

Baca Juga :  Peringkat Bahasa Pemrograman dan Tren Bahasa Pemrograman

Saat itu, sudah cukup untuk memasukkan sebanyak mungkin kata kunci di halaman web untuk meningkatkan peringkat Anda. Tetapi jika Anda mencoba trik yang sama hari ini, Anda hanya akan memperburuk keadaan.

Aturan baru adalah kualitas daripada kuantitas. Anda harus memahami berbagai jenis kata kunci, di mana menempatkannya, dan bagaimana memantau kinerjanya. Selain itu, memasukkan kata kunci ke dalam konten Anda harus dilakukan sealami mungkin.

Menggunakan kata kunci dalam tag judul, deskripsi meta, URL, dan di seluruh bagian utama teks merupakan faktor peringkat google.

6. Tautan Balik

Tautan balik sangat bagus untuk SEO karena memberi tahu Google bahwa situs web lain menjamin kualitas konten Anda. Semakin banyak backlink yang dimiliki suatu halaman, semakin mesin pencari percaya bahwa itu akan muncul di atas SERP.

Mendapatkan backlink bukanlah tugas yang mudah. Artikel Anda harus diteliti dan diatur dengan baik untuk memaksa pembuat konten lain mengutip karya Anda. Anda juga perlu bergerak cepat dan mempublikasikan blog tentang tren terbaru di depan pesaing Anda.

Tautan balik terbaik adalah yang muncul di situs web otoritatif populer. Ini menghasilkan prospek berkualitas dan memiliki efek positif pada peringkat. Sebaliknya, backlink di situs web spam melakukan hal yang sebaliknya dan harus dihapus dengan mengirimkan file penolakan ke Google.

7. Tautan Internal

Tautan internal adalah hyperlink yang mengarah ke halaman berbeda dari situs yang sama. Mereka digunakan untuk membuat hierarki konten yang membantu mesin pencari menemukan dan mengatur informasi di seluruh halaman web.

Mereka sangat penting untuk algoritme peringkat karena membuat pekerjaan perayap web menjadi lebih mudah. Saat perayap web atau Googlebot mendarat di beranda, perayap tersebut mengikuti tautan pertama, merender laman tersebut, dan melanjutkan ke laman berikutnya. 

Tautan internal menunjukkan kepada Googlebot halaman mana yang terkait dan memastikan bahwa mereka tidak melewatkan sesuatu yang penting untuk pengindeksan. Sedangkan untuk pengunjung, tautan internal dimaksudkan untuk menyederhanakan navigasi situs web dan mendorong keterlibatan pengguna.

Anda dapat memaksimalkan pengaruh tautan internal terhadap algoritme peringkat dengan menautkan konten terkait kembali ke satu halaman otoritatif. Ini berarti Anda harus memperhatikan arsitektur informasi saat Anda mengembangkan kalender konten dan memperluas situs web Anda.

8. Keamanan Domain

Bukan hanya orang yang dimatikan ketika mereka melihat situs web Anda penuh dengan spam dan tautan yang tidak jelas. Mesin pencari menandai domain yang mencurigakan dan memperingatkan pengunjung tentang risikonya sebelum mereka mengizinkan masuk ke situs web.

Baca Juga :  Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Kerja Dari Rumah 2022

Jika Anda masuk daftar hitam karena keamanan yang buruk dan pelanggaran data di masa lalu, upaya terbaik Anda untuk meningkatkan peringkat Anda akan sia-sia. 

Perkuat pertahanan situs web Anda dengan menerapkan pembaruan, pemeliharaan rutin, dan pemindaian malware terjadwal. Selain itu, jangan lupa untuk memperbarui sertifikat SSL Anda dan membuat cadangan situs web Anda.

9. Desain UX/UI

Faktor peringkat google yang diluncurkan tahun 2021 adalah desain UX/IX. UX adalah salah satu tambahan baru untuk algoritma peringkat google. Pembaruan ditayangkan pada tahun 2021 sebagai Pengalaman Halaman Google. 

Menurut panduan pengembang yang mereka rilis, UX sebagai faktor peringkat google berfokus pada data web inti.

Untuk memberi Anda gambaran umum singkat, Data Web Inti mencakup LCP (Largest Contentful Paint), FID (First Input Delay), dan CLS (Cumulative Layout Shift). Ketiga elemen tersebut meliputi waktu pemuatan, daya tanggap, dan stabilitas visual.

Tapi tentu saja, masih banyak lagi desain UX/UI seperti kegunaan, aksesibilitas, arsitektur informasi, dan interaktivitas, antara lain. 

Pada akhirnya, mengoptimalkan situs web Anda untuk metrik ini membutuhkan banyak pemikiran dan perbaikan berkelanjutan untuk membuat desain yang berpusat pada pengguna.

10. Kecepatan Halaman

Akhirnya, ada kecepatan halaman. Faktor peringkat google ini sebenarnya dicakup oleh UX, tetapi dampaknya sangat besar sehingga dipantau secara terpisah. 

Google PageSpeed ​​Insights adalah alat yang akan menilai waktu pemuatan dan memberikan tip tentang cara mempercepatnya. 

Biasanya, masalah dengan kecepatan situs adalah karena grafik yang tidak dioptimalkan atau permintaan HTTP yang berlebihan. Ini mudah diselesaikan dan membuat perbedaan besar dalam pengalaman pengguna dan peringkat Google.

Akhir Kata

Google memperbarui algoritma peringkatnya secara musiman untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

Anda harus memahai 10 faktor peringkat google di atas untuk terus mendapatka peringkat teratas google.

Demikian ulasan mengenai 10 Faktor peringkat google teratas untuk 2022, semoga ada manfaatnya.